headline photo

Apa definisi & kelebihan cloud computing?

Friday 9 May 2014

Internet telah mengubah cara kita berkomunikasi dan membawa pergeseran paradigma dalam perjalanan informasi di seluruh dunia.
Di masa lalu, sifat internet terutama hanya sebagai gudang informasi atau perpustakaan raksasa dengan akses yang terbuka untuk global.
Saat ini, internet telah beranjak ke level berikutnya melalui apa yang disebut sebagai cloud computing (komputasi awan).

Apa itu Cloud Computing?
Cloud computing mengacu pada tersedianya semua sumber daya komputasi melalui media internet.
Sebuah komputer atau perangkat selular yang terhubung ke jaringan cloud computing (komputasi awan) akan memiliki semua data dan program pada hosting yang bisa terhubung setiap saat serta di manapun dengan pengguna.
Artinya, pengguna cloud computing dapat terhubung dengan data dan program yang mereka miliki asal memiliki koneksi internet.
Alih-alih menginstal program atau menyimpan data di komputer sendiri, Anda dapat mengakses program yang sama sebagai aplikasi layanan web yang dapat diakses melalui web browser.
Jadi, setiap pengguna mengakses dan menyimpan data mereka pada server cloud computing.
Cloud computing memberi pengguna kebebasan untuk mengakses pekerjaan mereka dari manapun asal masih terhubung dengan internet.
Cloud computing menjadi mungkin seiring peningkatan kecepatan konektivitas internet.
Google adalah salah satu pemain utama dalam bisnis cloud computing dan secara agresif mempromosikan konsep ini di seluruh dunia.

Kelebihan Cloud Computing
Cloud computing memiliki prospek yang bagus terutama saat ditinjau dari manfaat ekonomisnya.
Alih-alih membeli perangkat lunak yang mahal, perusahaan dapat menghemat biaya dengan memilih layanan cloud computing sebagai gantinya.
Itu sebab, cloud computing merupakan evolusi komputasi dan internet yang potensinya bisa dimanfaatkan untuk tidak hanya berbagi informasi tetapi juga jasa.
Semua pembagian sumber daya dalam cloud computing menjadi mungkin melalui konsep ‘Application Programming Interface’ atau API yang membuat interaksi antara program komputer dari platform yang berbeda menjadi mungkin.
Salah satu contoh aplikasi cloud computing adalah fitur Google Documents. Cloud computing akan mengoptimalkan penggunaan sumber daya.
Banyak perusahaan yang lebih memilih solusi cloud computing karena mengurangi biaya dan menyediakan solusi komputasi paling optimal.[]

0 komentar:

Post a Comment

Proteksi DMCA