headline photo

Siapa Pencipta Times New Roman?

Friday 4 April 2014

Bisa jadi Times New Roman adalah font yang paling popular, bahkan font itu digunakan sebagai font resmi pada pembuatan makalah, karya tulis maupun skripsi. Tapi siapakah yang menemukan font tersebut?

Adalah Stanley Morison dan Victor Lardent kreator di balik font tersebut. Keduanya adalah karyawan di bagian advertising di surat kabar terkemuka Inggris The Times. Morison sebelumnya menggunakan font lama yaitu Plantin untuk desainnya namun dia lalu berpikir untuk menemukan font baru demi mudah terbaca dan efisiensi ruang.

Juga font itu harus harus baik pada dasarnya, namun juga mencerminkan kekuatan dari garis, konsistensi, dan ekonomis bagi The Times. Dia lalu merevisi font sebelumnya yang disebut Times Old Roman menjadi apa yang disebut sebagai Times New Roman.

Times New Roman kemudian diperkenalkan pertama kali pada 3 Oktober 1932, dan setelah setahun mulai dirilis untuk komersial. Surat kabar The Times sendiri tetap menggunakan font tersebut selama 40 tahun. Namun setelah tahun 2004 mengalami perubahan format dari broadsheet ke bentuk tabloid maka Times New Roman tidak digunakan lagi.

Meskipun tidak ada lagi digunakan oleh The Times, Times New Roman masih banyak digunakan dalam tipografi buku, khususnya di penerbitan di Amerika Serikat. Times New Roman juga digunakan dalam setiap edisi Microsoft Windows, sejak Microsoft merilis versi versi 3.1. Font ini juga digunakan sebagai default dalam banyak aplikasi, termasuk Microsoft Word. Web browser juga sering menggunakan Times New Roman, sebagai font default.

Times New Roman adalah suatu font populer sehingga bahkan menggantikan Courier New sebagai font default yang digunakan pada semua dokumen diplomatik AS. Perubahan penting ini terjadi pada bulan Februari 2004, dan sekarang Times New Roman telah menjadi standar bahkan pada pemerintah AS. (ref: en.wikipedia.org; associatedcontent.com/ill: ramadhaniricky.blogspot.com)

0 komentar:

Post a Comment

Proteksi DMCA